HOME

  • http://smkdarulfalahlosari.com

Sabtu, 21 Agustus 2010

Bagian - Bagian Motherboard

Motherboard merupakan papan sirkuit atau papan utama yang menghubungkan antar komponen di dalam komputer. Biasanya Motherboard ini dipasangkan di casing ( kotak komputer ). Di dalam motherboard ini terdapat bagian - bagian yang menghubungkan setiap perangkat komputer, seperti Processor, Sound Card, Lan card, Vga Card, ROM, RAM dan masih banyak lagi. Dan setiap merek motherboard itu tidak akan sama spesifikasi yang dimiliki oleh motherboard tersebut. Oleh karena itu, pandai - pandailah dalam memilih. Motherboard memiliki slot -slot untuk perangkat lainya, dan seiring berjalannya waktu komponen tambahan komputer itu sendiri mulai berjalan dengan pesat, sehingga kita cendenrung harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Berikut Bagian - bagian pada Motherboard:

1. Socket rocessor
Tentu saja sebuah motherboard memiliki socket processor. Untuk tipe motherboard terdahulu, kebanyakan menggunakan slot processor bukan socket processor. Perbedaannya ialah, slot processor memerlukan alat lain lagi untuk menghubungkan antara processor dengan motherboard untuk menghubungkannya ( layaknya terminal listrik namun mempunyai fungsi khusus ), layaknya Nitendo zaman dahulu, jadi processor di tancapkan ke terminal tadi ( terminal itu berupa sirkuit berbentuk papan dan memiliki slot )dan di tancapkan ke slot yang tersedia di motherboard. Sedangkan tipe socket yaitu tipe processor terbaru, yang memiliki banyak kaki, dan dalam pemasangannya tidak perlu media atau sarana seperti slot processor. dan perlu diingat tipe processor atau jenis processor itu banyak sekali, ada LGA, dll. Biasanya jika kita mau membelinya, pada kotak dus pembelian terdapat spesifikasi processor yang kita beli. atau langsung tanyakan saja sama penjualnya.
2. Slot Memory
Motherboard tipe sekarang, hampir semua menggunakan slot untuk DDRam II, yang sebenaranya sudah ada DDRam III. Berbeda dengan motherboard tipe dahulu yang menggunakan SIM, Sdram dll.
3. Slot PCI untuk peralatan tambahan.
Jka anda menginginkan komputer anda menjadi lebih fungsional. Anda tidak perlu membeli PC yang lebih bagus yang terbaru, tetapi Anda hanya perlu membeli peralaan yang dinbutuhkannya saja dan diterapkan di slot PCI ini. Pengembangan dari PCI ini yaitu PCI express dan sudah banyak Motherboard yang mendukung PCIE ini. Contoh bila anda menginginkan komputer anda bisa digunakan untuk menonton TV, anda hanya membutuhkan TV turner dan menancapkannya di PCI atau PCIE, perlu di ingat antara slot di motherboard dan perangkatnya itu harus sama, misal anda menggunakan motherboard yang hanya mendukung PCI, anda harus menancapkan perangkat yang berjenis PCI pula, jangan sampai menggunakan PCIE, karena PCI dan PCIE itu berbeda. Begitupun motherboard tipe terdahulu yang menggunakan slot ISA, yang fungsinya sama dengan PCI, hanya saja ISA lebih memerlukan banyak ruang pada motherboard.
4. Slot Kartu Graphics AGV
Sebenaranya selain PCI ada lagi yang namanya AGV, tetapi slot ini khusus digunakan untuk VGA card. Dan tidak bisa di gunakan oleh peralatan lainnya. Sama halnya dengan PCI, AGV pun terus dikembangkan, dan pada saat saya menulis posting ini, AGV yang tercepat yaitu AGV 8*.
5. I/O port.
Kebanyakan motherboard tipe sekarang sudah mendukung I/O port yang bagus, seperti PS2 dll. Maksud PS2 disini bukan Playstation 2, melainkan koneksi untuk mouse / keyboard. Dan sudah ada pula yang mengikut sertakan USB, LAN, VGA onboard, dan Sound Onboard.
6. BIOS

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar