HOME

  • http://smkdarulfalahlosari.com

Sabtu, 21 Agustus 2010

Pengertian dan Jenis jenis memory

Memory adalah media atau perangkat yang memiliki fungsi sebagai pengolah data dan instruksi. Semakin besar kapasitas atau ruang yang terdapat di memory, maka semakin banyak pula data yang bisa diolah. Berbeda halnya dengan processor, memory hanya berfungsi sebagai media penyimpanan sementara. Sebagai ilustrasi, kita meminta agar komputer kita memutar lagu, lalu kita pilih lagu yang akan kita putar, dan setelah kita memilih dan memerintahkan pada komputer untuk memutarnya, maka data yang anda pilih tadi akan di bawa ke memory untuk diproses oleh processor. Itu salah satu Penyebab crash pada PC, contoh, kita membuka banyak aplikasi diwaktu yang bersamaan, maka komputer akan mengalami crash. Karena jumlah data yang akan diproses melebihi kapasitas memory itu sendiri. Itu sebabnya mengapa aplikasi membutuhkan space memory. Contoh untuk membuka Photoshop CS kita membutuhkan free space memory sebesar 128-256Mb. Dan bila memory yang kita gunakan angat kecil maka kemungkinan terjadi crash akan sangat besar.


Jenis - Jenis Memory diantaranya:

1. RAM
Ram adalah singkatan dari random aces memory. Yang digunakan untuk mengolah data ataupun instruksi yang ditulis ataupun dibaca oleh processor. Ram ini hanya bersifat sementara, berbeda halnya dengan memory hardisk yang bersifat tetap. Jadi ram bisa disebukan media lewatnya data. RAM ada beberapa macam, seiring berjalannya waktu, RAM ini berkembang sangat pesat sehingga perkembanganya semakin canggih.

Jenis - Jenis RAM ialah sebagai berikut

A. EDO - RAM
EDO merupakan singkatan dari Extended Data Out. Fungsinya yaitu sama dengan RAM. Edo ram merupakan jenis memory pada jaman - jaman dahulu. Dan Edo ram ini diasukan pada SIM Slot yaitu singkatan dari Single Inline Memory Module yang berada pada Motherboard. Jumlah Pinnya yaitu 30 pin ( kaki )
SDRAM
B. SDRAM mrupakan singkatan dari Synchronous Dynamic RAM. Memory jenis ini merupakan perkembangan dari SDRAM, dan sudah jelas kecepatan akses nya lebih cepat dari EDO-RAM. dan untuk jenis slot yang dipakai yaitu DIMM singkatan dari Dual Inline Memory Module. Jumlah Pinnya yaitu 72 pin ( kaki )
C. DDR
Yaitu singkatan dari Double data rate, yang merupakan pengembangan dari SDRAM. Dan lebih cepat dari SDRAM. Dan menggunakan slot DIMM namun berbeda dengan SDRAM, pinnya lebih banyak yaitu 184 pin ( kaki )
D. DDR II
Hampir sama dengan DDR, DDR II merupakan pengembangan dari DDR.
E. DDR III
Yaitu Pengembangan dari DDR II dan yang paling cepat yang dijual dipasaran saat ini.

2. ROM
Yaitu Singkatan dari Read Only Memory. Artinya hanya bisa dibaca dan tidak bisa di tulis lagi. Jadi kita hanya bisa mengatur dan merubahnya saja, tetapi tidak bisa digunakan untuk menyimpan yang lainnya selain perubahan settingan. Contoh ROM yaitu
A. BIOS
B. Firmware Handphone
C. dan lainnya

Satuan Memory.
1 Kilo byte = 1 KB = 1024 Byte bisa dibulatkan 1000 Byte.
1 Mega byte = 1 MB = 1024 KB = 1048576 Byte bisa dibulatkan 1000000
1 Giga byte = 1 GB = 1024 MB = 1048576 KB = 1073741824 Byte.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar