HOME

  • http://smkdarulfalahlosari.com

Sabtu, 21 Agustus 2010

Komputer jaringan lokal



Dari judulnya saja sudah jelas, yang namanya lokal itu jangkauannya sempit. Dan dalam hal jaringan (network) komputer, yang namanya lokal itu mencakup jaringan dimana komputer-komputer di sebuah ruangan bisa tersambung. Berikut merupakan cara bagaimana komputer-komputer bisa tersambung di sebuah ruangan (tanpa terkoneksi internet tentunya):

1. Siapin dulu misal 4 PC, kabel UTP (ato apalah yang penting buat jaringan) + RJ-45 yang dipasang straight, hub, n buat komp jadi administrator ato user yang bertindak sebagai administrator.


--> Susunan kabel straight (dipasang dari bawah): putih orange, orange, putih hijau, biru, putih biru, hijau, putih coklat, coklat.
2. Masukkin Kabel2 ntu masing2 ke satu komputer N ke hub
3. Setting IP address-nya. Untuk masuk ke setting IP address klik control panel-Network Connection-klik kanan di jaringan yang aktif-status-klik properties-double klik di option yang paling bawah
4. Masukin IP Address (setiap komputer angka kedua dari terakhir harus sama, misal 192.168.3.1 terus 192.168.3.2, dst)
5. Klik Ok
6. Cancel tampilan network Connection
7. Periksa apakah satu komputer dengan yang lainnya bisa berhubungan dengan tidak dengan cara masuk ke command prompt (tekan pada keyboard windows+r, ketik run dan enter)
8. ketik ping (spasi) (IP address yang akan di check), lalu tekan enter
9. Jika ada tulisan reply from........... maka komputer2 itu sudah terhubung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar