HOME

  • http://smkdarulfalahlosari.com

Sabtu, 21 Agustus 2010

Koneksi Ke Internet



Koneksi Ke Internet

1.Pendahuluan
Internet adalah jaringan komputer yang bersifat global. Ada berbagai metode/cara yang dapat dilakukan untuk melakukan koneksi ke internet, di antaranya dengan dial up, wave lan, satelite, cable modem, radio paket, ADSL


2.Konsep Koneksi Jaringan ke Internet
Sebelum melakukan koneksi ke internet tentu kita sudah harus sudah mempunyai komputer atau jaringan (LAN) yang sudah siap untuk melakukan koneksi ke internet. Untuk melakukan konfigurasi jaringan, yang harus kita lakukan pertama kali adalah membuat jaringan secara fisik dulu (hardware), baru kemudian kita melakukan konfigurasi softwarenya.
Konfigurasi perangkat lunak yang dilakukan antara lain :
1. Konfigurasi routing
2. Konfigurasi domain (optional)
3. Konfigurasi Gateway
Gateway harus mampu menjembatani/menyambungkan workstation (komputer-komputer pada jaringan) agar mampu terkoneksi ke internet
4. Konfigurasi workstation
Workstation harus mengenal dan dapat berkomunikasi dengan gatewaynya sehingga mampu terkoneksi ke internet melalui gateway tersebut

3.Metode Koneksi ke Internet
Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk melakukan koneksi ke internet di antaranya adalah :
1. Dial Up
Metode ini menggunakan saluran telepon untuk berkomunikasi dengan internet. Biasa digunakan untuk jaringan yang TIDAK terhubung ke internet terus-menerus (24 jam sehari). Metode ini akan kita bahas lebih mendalam pada bab berikutnya.
2. Wave LAN / microwave (kecepatan 2Mbps-11Mbps)
Metode ini menggunakan WaveLAN dan untuk komunikasi antar WaveLAN bersifat wireless (tidak membutuhkan kabel). Biasa digunakan jaringan yang cukup berjauhan (karena jaringan berbasis kabel, misalnya dengan thick ethernet/fiber optic, memerlukan ongkos yang mahal untuk instalasi dan perawatannya). Bersifat dedicated/digunakan untuk jaringan yang terhubung internet 24 jam sehari, dengan kecepatan kurang lebih 10 MBps
3. Satelit (64Kbps-2Mbps)
4. Cable Modem
Cable Modem yaitu modem yang digunakan pada jaringan televisi kabel, merupakan kependekan dua buah kata :
1. Cable, kependekan dari Cable television network
2. Modem, kependekan dari Modulator dan Demodulator.
Jadi pengertian cable modem adalah suatu devais yang dapat berupa external box yang dihubungkan ke PC pada ethernet atau berupa internal card, yang mampu memberikan pelayanan akses data berkecepatan tinggi melalui jaringan televisi kabel.
Ide dasar yang melatarbelakangi dibuatnya Cable Modem yaitu memanfaatkan jaringan televisi kabel yang sudah ada untuk komunikasi data berkecepatan tinggi.
5. Radio Paket (packet radio 1200bps / 9600bps)
Radio paket dapat digunakan untuk koneksi internet, walaupun dengan kecepatan yang kurang memadai. Amatir packet radio adalah sebuah teknologi komunikasi komputer di amatir radio yang berkembang sejak 1984-1985. Teknik amatir packet radio berkembang sedemikian pesat, puluhan ribu amatir radio di berbagai penjuru dunia telah mendedikasikan perangkatnya untuk beroperasi 24 jam/hari untuk membantu memperlancar berbagai servis yang berjalan di jaringan amatir packet radio. Bahkan informasi hasil penelitian yang dilakukan biasanya diberikan secara cuma-cuma untuk kepentingan bersama. Jaringan amatir packet radio menggunakan TCP/IP dikenal dengan sebutan AMPRNet.
Perlu dicatat bahwa untuk terjun dalam jaringan amatir packet radio tidak perlu menggunakan perlengkapan yang amat canggih. Perlengkapan yang digunakan cukup sederhana, hanya terdiri dari sebuah Handy Transceiver (HT) di 145.57 MHz dengan kekuatan pancar 1.5 Watt yang dihubungkan pada Terminal Node Controller (TNC) yang menjalankan perangkat AX.25 pada kecepatan 1200bps dan sebuah komputer XT kompatible 8MHz yang menjalankan program KA9Q NOS TCP/IP.
Bagi yang mempunyai peralatan amatir radio & cukup dekat dengan gateway packet radio yang ada – maka LAN dapat di sambungkan dengan gateway packet radio untuk berinteraksi melalui packet radio. Gateway packet radio dapat menggunakan, misalnya :
1. PC 286 menjalankan DOS dengan software NOS menggunakan TNC atau modem Baycom dengan kecepatan 1200bps/9600bps.
2. PC 486 menjalankan Windows95 dengan software Flexnet menggunakan sound card sebagai modem kecepatan 1200bps/9600bps.
4.Alternatif Praktis Menggunakan Internet
Ada beberapa alternatif yang dapat dilakukan untuk memilik akses internet, antara lain :
1. Berlangganan ke ISP terdekat (umumnya hanya memperoleh satu account e-mail saja).
2. Menggunakan jasa telkomnet instant, khususnya bagi kota-kota seperti Jakarta, Surabaya, Malang, Denpasar, Bogor dll. Daftar lengkap dari kota-kota yang dapat memperoleh akses telkomnet instant antara lain akan dicantumkan pada akhir tulisan ini.
3. Bagi yang berada di Bandung bisa berlangganan ke salah satu ISP. AI3 ITB (FAX 022 251-2982) juga menyediakan servis dial-up yang mungkin nantinya di kaitkan ke servis e-mail untuk sebuah institusi yang akan diterangkan di bawah ini.

Ide telkomnet instant secara umum adalah pengguna Internet tidak perlu mendaftarkan diri lagi ke telkomnet untuk mengakses Internet. Pengguna dapat langsung mendial nomor telepon yang tersedia menggunakan username & password yang telah diberikan. Biaya penggunakan telkomnet instan akan dibebankan ke biaya telepon anda sekitar Rp. 150/menit (biaya internet + biaya telepon). Tentunya dengan asumsi anda memiliki komputer yang dilengkapi modem yang tersambung ke saluran telepon.

Akses Web barangkali merupakan cara yang paling sederhana dari seluruh proses/kebutuhan yang ada. Teknik ini umumnya dilakukan oleh Warnet (warung internet) yang ada di mana-mana saat ini. Langkah yang umumnya digunakan adalah:
1. Kaitkan seluruh komputer yang ada menjadi sebuah Local Area Network (LAN).
2. Jalankan TCP/IP di setiap komputer yang ada, setup TCP/IP ada di setting network. Gunakan private IP 192.168.x.x atau 10.x.x.x bagi interface ethernet komputer-komputer tersebut.
3. Jalankan program Proxy di salah satu komputer yang memiliki modem untuk akses Internet. Salah satu program Proxy yang cukup populer adalah Wingate yang dapat didownload dari Internet seperti http://www.shareware.com atau http://www.download.com.

Melalui komputer proxy seluruh komputer dapat mengakses Internet secara bersama-sama. Beberapa masalah utama yang akan kita hadapi adalah:
1. Jaringan akan terasa lambat – terutama jika komputer yang mengakses secara bersama cukup banyak.
2. Biaya Internet akan menjadi mahal sekali, memang akses Web merupakan komoditi yang cukup mahal. Perlu dipikirkan bisnis plan yang tepat supaya tetap menguntungkan bagi institusi tersebut.
Alternatif Web hosting
Hal lain yang umumnya juga ingin dilakukan oleh sebagian besar pengguna adalah menampilkan berbagai informasi yang dimilikinya ke Internet. Untuk itu yang perlu dilakukan adalah mencari servis Web hosting. Ada cukup banyak situs di Internet yang memberikan jasa web hosting. Cara mencarinya cukup sederhana, yaitu melalui search engine di Internet seperti http://www.yahoo.com , http://www.infoseek.com , http://www.altavista.com. Gunakan keyword webhosting untuk mencari jasa tersebut. Salah satu pemberi jasa web hosting yang cuma-cuma yang sering digunakan adalah http://www.geocities.com/. Tentunya ada pula yang sifatnya spesifik, seperti http://digital.lib.itb.ac.id untuk perpustakaan pusat ITB (library@itb.ac.id / digilib@itb.ac.id).
Masalah selanjutnya yang perlu dipecahkan adalah bagaimana cara menulis file-file HTML yang nantinya akan ditayangkan di Web. Ada beberapa cara yang sederhana yang dapat digunakan untuk menuliskan file HTML tersebut, yaitu menggunakan:
1. Microsoft FrontPage.
2. Microsoft MSWord (gunakan opsi save as HTML).
3. Menggunakan teks ASCII editor seperti edit, qed, notepad – akan tetapi harus mengetahui lebih dalam tentang HTML itu sendiri. Hal ini tidak di sarankan bagi pemula.
Alternatif Akses E-mail
Umumnya alternatif yang saat ini digunakan adalah cara mahal, yaitu dengan cara menggunakan Web kemudian mengakses berbagai situs Web yang memberikan e-mail cuma-cuma seperti http://mail.yahoo.com, http://www.mailcity.com, http://usa.net, http://hotmail.com dll. Tetapi hal itu tidak effektif dan membuang uang untuk mengakses internetnya; kecuali bagi yang mempunyai leased line 24 jam ke Internet.
Cara menggunakan akses Web untuk membaca e-mail merupakan cara yang mahal. Ada beberapa alternatif lain yang mungkin dikembangkan, seperti:
1. Meminta (dan membayar) untuk beberapa e-mail account pada ISP.
2. Menggunakan satu account e-mail dan gunakan secara beramai-ramai.
3. Mengakali satu account e-mail dengan mengubah-ubah full name yang digunakan agar dapat digunakan beramai-ramai. Hal ini sering digunakan dalam software-software instant internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar